Membuat Running Led Atau Lampu Berjalan Lengkap Dengan Skema

Generating Link...
   Kalo kita sedang bepergian, pergi ke ulang tahun, di toko-toko, di hotel-hotel atau dimanasaja kita sering melihat atau menjumpai cahaya lampu yang bisa berjalan dimana cahaya lampu itu terlihat sangat indah. sehingga kadang bertanya.. bagaimana cara membuat supya cahaya lampu tersebut bisa berjalan seperti itu.

Baiklah kawan .. disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana prinsip kerja Running led tersebut. Rangkain skema Running led ada dua macam yaitu rangkaian skema yang menggunakan IC dan rangkaian running led yang menggunaka transistor, sedangkan yang akan saya jelaskan di sini rangkaian kema yang menggunakan transistor. C ara kerja rangkaian ini pada saat di ON kan atau dihidupkan lampu led akan menyala bergantian dari ujung A,B,C,D dan kembali ke A, begitulah seterusnya dan lampu led tersebut berkesan saling kejar mengejar.

Skema Running Led Atau Lampu Berjalan Menggunakan Transistor
Prinsip kerja Running Led
Gambar di atas adalah sebuah gambaran simulasi bagaimana Running led bekerja, Baiklah selanjutnya saya akan membagikan skema rangkaian runniong led untuk sobat-sobat semua barangkali ada sobat yang penasaran ingin membuat dan mempraktekkannya, dan bahan yang diperlukan mudah di dapat ko... di toko-toko elektronik penjual komponen elektronika terdekat.

Bahan-bahan untuk membuat running led

Resistor    : 3 x 560 ohm , 4 x 47 Kilo ohm
Dioda       : 3 x Zener 3,3V
Led           :  Paling sedikit 3 buah
Elco          : 3 x  10 uf / 25V
Transistor : 3 X 2N3904

Skema rangkaian Running Led

Pada rangkaian di atas, saya hanya membuat running led untuk tiga lampu saja.. seandainy rekan ada yang mau menambah jumlah led silahka lampu led nya tinggal di paralel saja sedangkan catu daya yang dibutuhkan adalah 12 V DC jadi sobat bisa menggunakan adaptor yang bestegangan 12 V yang banyak dijual di pasaran.