Membuat Adaptor Untuk Charger Accu Mobil Mengunakan Trafo 3 A

Generating Link...
     Berangkat dari pengalaman saya.. suatu ketika saya mau menggunakan kendaraan saya pada saat mau di starter ternyata aki yang terdapat pada kendaraan saya tidak kuat untuk di starter saya sempat kebingungan sehingga saya buka aki tersebut kemudian saya charge  ke tukang stroom aki saat itu memang masalah bisa teratasi, tetapi mungkin karena aki  kendaraan saya sudah mulai soak  sehingga suatu saat mengalami hal serupa lama lama menjadi pusing.. masa harus bolak-balik ke bengkel stroom aki.. sedangkan untuk membeli yang baru uang belum ada sehingga pada suata saat saya main ke rumah temen dan saya melihat ada trafo 3A yang tidak terpakai dan saya memberanikan diri untuk meminjam trafo tersebut dan Alhamdulillah teman saya memberikannya dengan rasa pesimis kemudian di rumah saya coba untuk merangkai sebuah adaptor sederhana untuk dijadikan alat stroom aki setelah selesai di rangkai ternyata alat itu bisa dipergunakan secara normal walau pun suhu trafo tersebut sedikit panas tapi masih aman ko.. da dalam waktu 2 jam aki tersebut sudah normal ter isi. dan saya tidak pusing lagi karena sudah mempunyai alat charger aki sendiri.

Ok disini saya akan membuat tutoial bagaimana membuat charger aki mobil dengan kapasitas 40 Ampere cuma menggunakan trafo 3 A. Pada dasarnya membuat alat charger nin sama saja kita membuat sebuah rangkaian adaptor yang menggunakan Trafo 3A. memang kalo dipandang secara teori trafo 3 A untuk mengisi aki 40 A tidak akan memadai tapi disini saya sudah memprakekkannya sendiri dan berhasil. 

Bahan untuk membuat charger aki 40A sederhana :

1. 1 buah trafo merk apa saja ukuran 3 A
2. 1 buah Elco berukuran 4700uF/25V
3. 2 buah dioda ukuran 3 A

Membuat Adaptor Untuk Charger Accu Mobil Mengunakan Trafo 3 A
Skema rangkaian adaptor sederhana untuk charger aki mobil

Demikian tutorial singkat saya semoga bermanfaat