Sejarah Komputer Serta Perkembangannya

Generating Link...
  Sejarah komputer dimulai dengan penemuan kreatif| dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia diketahui sebagai ilmuwan yang paling berdampak dalam perkembangan komputer. Kemudian, alat hitung itu dioptimalkan lebih lanjut secara berjenjang hingga kini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. {Jenjang|Tahapan|Tingkatan|Level} dalam pengembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer yang masing-masing {memiliki|mempunyai} cerita tersendiri.

Perkembangan sejarah komputer pernah  mengalami masa-masa sulit. akan tetapi , berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa gampang dan terorganisir. Laptop|PC terus dioptimalkan dengan menyisipkan penemuan kreatif terupdate. Hingga kini, sebagian  perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan. Sejarah Perkembangan  Perangkat komputer adalah sebuah penemuan cerdas dan ikut  andil dalam perkembangan teknologi komputer yang sampai sekarang berkembang sangat pesat  dan komputer komputer dan perkembangannya terbagi dalam lima generasi.  Berikut yakni sekilas seputar sejarah perkembangan komputer dari pertama hingga kini, dari generasi ke generasi:


Perangkat komputer Generasi Pertama

    Perangkat komputer yang pertama kali diciptakan yakn} komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang mempelopori konsep pengembangan hal yang demikian yakni Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer ini mengalami perkembangan lebih lanjut yang dibuat oleh John von Neuman. Ciri utama dari  perangkat komputer generasi pertama yakni CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I yakni mesin pertama yang diterapkan untuk mengoperasikan semua System operasi  dalam komputer. Meski program utama yang terdapat di komputer generasi pertama yakni “machine language”.


Sejarah Komputer Serta Perkembangannya
Komputer Generasi Pertama


Perangkat Komuter  Generasi Kedua

    Temuan penting sudah terjadi di generasi kedua ini. Yakni transistor, alat canggih yang sanggup mengoptimalkan performa komputer dengan ukuran yang amat kecil. Temuan alat ini memberi pengaruh terhadap perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua. Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah  memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari temuan generasi II ini yakni transistor, yang membikin komputer generasi kedua berukuran lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama.


Sejarah Komputer Serta Perkembangannya
Komputer Generasi Kedua

Perangkat Komputer  Generasi Ketiga

    Dalam penerapannya, transistor ini membuat komputer generasi ini cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba mengerjakan penelitian. Kemudian pada 1958, ia mewujudkan komponen komputer yang lebih canggih daripada transistor yang membikin komputer cepat panas tadi. Yakni} IC atau Integrated Circuit chip kecil yang sanggup menampung banyak komponen menjadi satu. Dengan demikian , ukuran komputer menjadi lebih kecil. Malahan, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor system operasi dan sanggup menjalankan program secara bersamaan

Sejarah Komputer Serta Perkembangannya
Komputer Generasi Ketiga

Perangkat Komputer Generasi Keempat

   Pada generasi ini, komputer yang mengaplikasikan chip IC kemudian dioptimalkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba mengerjakan pengembangan ini pada 1980-an. Alhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC tercipta. Artinya, perangkat komputer mulai dijual ke sektor perorangan. Tak berhenti di situ saja , muncullah perangkat komputer yang gampang dibawa ke mana-mana, yakni Laptop.

Sejarah Komputer Serta Perkembangannya
Komputer Generasi Keempat

Perangkat Komputer Generasi Kelima

     Pada generasi kelima ini yakni yang sekarang ini tengah di produksi  oleh berbagaimacam  vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap|kerap kali disebut sebagai komputer generasi masa depan. Sebagian bukti kecil yakni munculnya hand phone , TAB,  netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya yakni perangkat komputer yang mampu di operasikan  tanpa menyentuhmya .  Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang dapat menjawab.

Sejarah Komputer Serta Perkembangannya
Komputer Generasi Kelima
Demikian sekilas mengenai sejarah komputer dan perkembangannya semoga bisa membantu rekan sobat semua guna menambh wawasan dan ilmu penetahuan