Skema Alat Pendeteksi Cellphone ( Cellphone Detector )

Generating Link...
   Alat Pendeteksi Cellphone,  alat ini sangat bermanfaat, tapi bagi   Guru-guru dan staf pengajar  alat ini amat sangat membantu, dalam suatu ruang ujian, alat ini bisa memonitor aktifitas telepon cellular, SIVIS, atau transmisi video. Murid-murid yang suka menyontek lewat hp tidak akan berkutik  sebab aksi murid tersebuit akan terk ontrol melalui  alat sederhana dan terjangkau ini. 

Bagaimana Alat Ini Bekerja ?

    Telepon genggam kerjanya di rentang frekuensi 900 MHz s.d. 3 GHZ dengan panjang gelombang 3,3 5.d.1U cm.  Alat yang nanti akan kita buat ini, bekerja dengan mendeteksi frekuensi kerja dari hape tadi. ‘Yang pusing mendengar kata frekuensi dan panjang gelombang hehehe, intinya kita akan mendeteksi ada tidaknya aktifitas sinyal.

   Mari kita liat gambar di bawah, kapasitor 0,22 uF bertugas sebagai pengenal sinyal frekuensi radio yang dikeluarkan hape. Kapasitor kan nyimpen energi dalam bentuk rnedan elektromagnetik. Jadi
|<a|0 ada sedikit perubahan sekalipun di sekltarnya, yang disebabkan oleh RF dari hape tadi, tentu akan ngganggu medan elektromagnetik kapasitor dan rnaksa kapasitor untuk melepaskan energinva, yang akhirnya diterima sebagai input IC 3130. Si IC ini bekerja sebagai converter arus ke tegangan, karena input berupa arusnya kecil banget. 
Skema Alat Pendeteksi Cellphone ( Cellphone Detector )
Skema Cellphone Detector

   Dari skematik di atas, ada 3 bagian penting yaitu antenna, IC Op-Amp CA 3130, dan IC timer 555. Ngapain pake 555 segala ? Wah ICn yang murah tapi keren nih, bisa dimodifjadi macem-macem manfaat. Pada rangkaian ini, si 555 dipasang sebagai monostable multivibrator, iadi dia bakal nggedein sinyal input di kaki 2 jadi output di kaki 3, nah itu yang ba|<a| ngidupin buzzer, atau motor DC sebagai indikator dari detektor ini. Transistor T1 dipakai sebagai sakelar yang akan menyalakan LED. LED ini sebagai indikator adanya aktifitas hape yang terdeteksi. Buzzer, dipakai sebagai indikatpr upsional, jika ingin ada suara sebagai tanda, pakailah buzzer, selain itu bisa juga rnenggunakan motor DC kecil sebagai indikator getar. Berapa jangkauan rangkaian ini ? Versi
prutotipe hanya punya jangkauan sebates 2

Sumber : jurnalistrik.blogspot.com